Analisis Jurnal: Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit (Bagian 1)



Pada postingan kali ini saya dan teman-teman saya akan memberikan contoh jurnal yang berhubungan dengan system basis data yaitu penerapan data mining perusahaan. Dalam dunia bisnis yang selalu berkembang orang selalu menginginkan segala sesuatu yang praktis. Ini juga berlaku dalam hal penyimpanan uang (bank), Karena pengguna bank yang semakin banyak tentunya diperlukan sistem yang dapat mengatur segala keperluan pengguna (dalam hal ini di sebut nasabah).


Bank digunakan bukan hanya untuk menabung, salah satu layanan bank yang populer saat ini adalah kredit. ketika orang ingin membeli sesuatu tetapi uang gaji dalam 1 bulanya tidak mencukupi untuk mambelinya maka bank adalah salah satu solusinya. Cukup dengan mengangsurnya setiapp bulan kita dapat memiliki barang yang kita inginkan tanpa harus mengumpulkan uang terlebih dahulu. Untuk itu bank memerlukan sistem yang dapat menyimpan data tersebut dengan baik dan tentunya mudah untuk diakses kembali. Hal ini yang mendasari kelompok kami untuk membuat jurnal tentang penerapan data mining dalam perusahaan.

Kami akan mengulas cara kerja BANK XY dalam mengakses informasi para nasabahnya.  Setiap nasabah memiliki data-data unik yang pastinya tidak akan sama satu sama lain, seperti jumlah angsuran perbulan dan jangka waktu untuk melunasi angsuran tersebut. Sayangnya tidak semua orang dapat mengakses data-data tersebut, pasti data-data itu sudah tersimpan dalam sebuah database yang terlindungi oleh sistem.


Untuk itu diperlukan sebuah subsistem yang dapat mengizinkan nasabah/penyedia layanan kredit mengakses database bank tersebut. Subsistem ini tidak hanya dapat mencari dan melihat data para nasabahnya tetapi sistem ini juga harus bisa mengubah data tersebut.


Ketersediaan data yang cukup banyak, kebutuhan akan informasi (atau pengetahuan) sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk membuat bussines solution serta dukungan infrastruktur di bidang teknologi informasi merupakan lahirnya suatu teknologi data mining. Data mining yang dimaksud untuk memberikan solusi nyata bagi para pengambil keputusan di dunia bussines untuk mengembangkan bisnis mereka.



Baca Juga:

Anggota kelompok:
- Ahmad faiz 50412429 (Pendahuluan)
- Alif Fikri Aulia 50412637 (Isi)
- Deni Wijaya 50412836 (Kesimpulan)

1 komentar:

Admin Sloodon mengatakan...

permisi gan data nasabah kreditnya asli?

Posting Komentar

 
Copyright © #GEEZERS