Perangkat Teknologi Masa Kini: Home Appliance

Smart home System adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal anda.
Dapat digunakan untuk menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah Anda, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote). Penerapan sistem ini memungkinkan Anda untuk mengatur suhu ruangan melalui termostat pada sistem pemanas atau penyejuk hawa, sehingga memberikan suasana " adanya kehidupan " meski sebenarnya Anda dan seisi rumah sedang tidak ada di tempat. 

Hanya dengan melakukan hubungan telepon, maka Anda dapat mengatur buka-tutup tirai yang mengunakan motor, mengatur penerangan di dalam atau luar rumah, mengawasi seluruh aktivitas yang terjadi di rumah, atau mudahnya, bisa diartikan bahwa Anda mengatur semua prasarana rumah atau kantor Anda yang menggunakan sumberdaya listrik sebagai pembangkit kerjanya. Di rumah-rumah yang berlahan luas, Smart home lebih terasa manfaatnya. 
Pernahkah Anda merasa gundah karena meninggalkan rumah yang rasanya belum terkunci pintunya? Lain waktu, lampu teras yang belum menyala saat hari mulai gelap membuat Anda ingin cepat pulang. Kalau pengalaman itu akrab dengan Anda, kinilah saatnya berkenalan dengan Smart home.

Di Indonesia, rumah dengan Smart home sudah menggejala. Bukan cuma untuk rumah landed tetapi juga di apartemen. ''Hanya saja, biaya instalasinya masih lebih mahal ketimbang instalasi tradisional,'' jelas Damien Nirousset, technical support intercom and building automation system PT Supreme Elektro Kontak. 

Smart home bukanlah rumah masa depan. Sebab, segala kemudahan dan kenyamanan yang diidamkan banyak orang, sudah bisa dirasakan pada saat ini. ''Aplikasi Smart home merupakan bagian dari smart home,'' papar Damien yang mengusung produk Legrand. Pada sistem Smart home, tiap alat elektronik terhubung dengan controller atau actuator. Itulah yang menggantikan fungsi saklar tradisional. ''Saklar pintar ini diinstal serupa dengan saklar tradisional namun telah dilengkapi dengan sensor inframerah,'' imbuh Damien dalam diskusi jelang Smart Home and Intelligent Building Expo 2007 yang bakal digelar awal September mendatang.

Smart home, lanjut Damien, merupakan suatu sistem yang memungkinkan kontrol secara otomatis terhadap segala peranti elektronik di rumah. Semua alat-alat elektronik dapat dikendalikan secara otomatis dari jarak tertentu. ''Termasuk AC, TV, home theatre, microwave, VCD/DVD player, dan lampu.'' Intinya, setiap peranti elektronik yang terhubung dengan stop kontak dapat dikendalikan dalam satu genggaman remote control. Dengan remote control yang sama, Anda bisa mematikan microwave di dapur dari kamar tidur yang berada di lantai dua. ''Cukup arahkan remote control ke stop kontak terdekat dan tekan tombol yang melambangkan kendali microwave,'' urai Damien.

Di saat rumah-rumah penduduk di banyak sudut Indonesia hancur diterjang banjir bandang dan tanah longsor, orang di luar sana justru telah menciptakan konsep rumah masa depan yang mungkin tak pernah terpikirkan. Dijuluki sebagai Living Activity Vehicle, benda ciptaan General Motors West Coast Advanced Design Studio ini diklaim sebagai rumah masa depan dalam bentuk mobil.



Konsep rumah mobil dengan teknologi modern ini dinamai GMC PAD. Mobil itu memang multifungsi. Selain menjadi kendaraan untuk mobilitas pemiliknya, juga sekaligus sebagai rumah tinggal. General Motors berencana memproduksi mobil rumah (atau rumah mobil) ini dalam jumlah lebih banyak. Tentu untuk menggaet pasar para calon pemilik rumah sekaligus calon pemilik mobil yang aktif traveling.

Mobil rumah memang bukan barang baru. Di Amerika dan Eropa, mobil jenis ini sudah cukup banyak dipakai orang. Terutama para petualang yang lebih suka berpindah-pindah hunian. Biasanya disebut sebagai RV, kependekan dari recreational vechile. Bedanya, GMC PAD dirancang bukan sekadar untuk tempat tinggal sementara, tetapi rumah yang tetap sekaligus mobile. Diklaim sebagai benda ramah lingkungan, menggunakan sistem hybrid yang merupakan kombinasi mesin diesel dan motor elektrik. Mesin juga sekaligus berfungsi sebagai generator untuk memenuhi kebutuhan listrik di dalamnya.
Untuk memenuhi syarat disebut sebagai rumah, GMC PAD juga didesain dengan interior yang lengkap, mulai tempat tidur, kamar mandi, ruang tamu hingga ruang keluarga (living room). Juga dilengka Dijuluki sebagai Living Activity Vehicle, benda ciptaan General Motors West Coast Advanced Design Studio pi perangkat keamanan, entertainment dan komunikasi yang serba digital.

Ketika bumi semakin sesak dan harga tanah di perkotaan melambung harganya, konsep rumah mobil boleh jadi adalah jalan keluar yang baik. Orang bahkan bakal terhindar dari kebosanan menetap di sebuah kawasan yang itu-itu saja selama bertahun-tahun. Bisa bepergian ke mana pun tanpa khwatir kemalaman di jalan. 


Sumber:

http://subari.blogspot.co.id/2008/03/smart-home-sistem-pintar-di-rumah.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © #GEEZERS