Pengantar Teknologi Game: Pert4

Initial State
Masha and The Bear Versus adalah pengembangan lebih lanjut dari game yang telah tersedia sebelumnya pada Strawberry Prolog yaitu Tic Tac Toe yang pada awalanya memiliki kotak 4 x 4, setelah dikembangkan game yang telah diberi nama Masha and The Bear Versus ini diubah dalam segi tampilan maupun kotak-kotaknya menjadi 12 x 12.


Pada Game Masha and The Bear Versus ini terdapat dua buah bidak yang mewakili pemain dan juga Ai dan tujuan kita sebagai pemain harus membuat garis dari bidak tersebut dengan posisi vertikal, horizontal, diagonal 10 kotak dan diagonal 4 kotak.

Pada Tampilan awal yang terdapat pada Game ini akan muncul window spash screen yanga akan otomatis menutup sendiri jika setelah 3 detik. Lalu muncul window awal yang memiliki tiga buah tombol yaitu Mulai yang berfungsi untuk Memulai permainan baru, kemudian tombol Cara Main untuk menuju window baru yang akan menunjukan cara atau aturan main dari game ini, dan yang terakhir tombol Keluar berfungsi untuk keluar dari game.

Splash screen
Menu Awal


          Lalu untuk memulai game kita harus klik tombol Mulai maka akan muncul tampilan baru ke form selanjutnya yaitu permainan game tersebut. Disini pemain dapat mulai memainkan game dan dapat terlihat terdapat kotak-kotak berukuran 12 x 12.
PapanPermainan

Kemudian terdapat menu bar di sebelah kiri atas yang terdiri dari Menu untuk kembali kewindow awal, Cara Main untuk membuka window cara bermain, dan About untuk memberikan informasi pengembang.
                      

       Cara bermain                                                                    About                        
Dalam game ini pemain tidak diberikan batasan waktu, sehingga pemain harus memikirkan strategi untuk bias memenangkan permainan melawan AI. Pada game ini memiliki dua buah bidak yang akan mewakili pemaindan AI seperti pada gambar dibawah ini :
= AI/komputer
= Pemain



RULES
           Aturan main atau Rules yang digunakan pada permainan Masha And The Bear Versus sama seperti game awal yaitu tic tac toe, namun game ini telah dikembangkan. Berikut adalah cara bermainnya :
  • ·         Buatlah suatu garis dari kumpulan karakter Masha di papan permainan yang telah disediakan. Untuk mencapai Goal, user harus meyusun bidaknya secara vertikal, horizontal, diagonal 10 kotak dan diagonal 4 kotak.
  • ·         Pemain memulai permainan terlebih dahulu. Pemain bebas untuk meletakan bidak dimana saja asalkan didalam papan permainan.
  • ·         AI atau komputer juga akan meletakkan bidaknya, AI ini diprogram untuk dapan menghalangi user dalam mencapai goal (tujuan). Tidak hanya itu AI juga akan berusaha agar dapat mencapai goal (tujuan).


GOALS
           Goals atau tujuan dari permainan Masha And The Bear Versus ini adalah pemain di tuntut untuk dapat menyusun bidak secara vertikal, horizontal, diagonal 10 kotak dan diagonal 4 kotak. Untuk menyusun secara vertikal, horizontal dan diagonal 10 kotak diharuskan menyusun bidaknya hingga ujung, tidak boleh ada kotak yang kosong atau kotak yang terisi oleh bidak lawan. Jika pemain memenangkan permainan maka program akan mengeluarkan pesan “Anda Menang...”.

Jika pemain kalah akan muncul seperti ini.

KONSEP AI
                 AI (Artificial Intelligence) adalah salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin/komputer dapat melakukan pekerjaan seperti layaknya dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Permainan ini berbasis Artificial Intelligience (kecerdasan buatan). Pada permainan Masha And The Bear Versus, penerapannya pada game tersebut yaitu AI bertindak sebagai lawan yang akan berusaha untuk menggagalkan pemain untuk menyusun bidaknya sesuai ketentuan. Disamping itu AI juga akan berusaha untuk memenangkan permainan. Jenis algoritma yang diterapkan dalam permainan Masha And The Bear Versus adalah Algoritma Minimax.

                 Algoritma minimax merupakan basis dari semua permainan berbasis AI. Algoritma ini akan melakukan pengecekan pada seluruh kemungkinan yang ada sampai akhir permainan dilakukan. Pengecekan tersebut akan menghasilkan pohon permainan yang berisi semua kemungkinan tersebut. Algoritma Minimax merupakan algoritma dasar pencarian DFS (Depth-First Search) untuk melakukan traversal dalam pohon (tree).  DFS akan mengeksekusi simpul paling dalam terlebih dahulu. Algoritma Minimax merupakan algoritma yang digunakan untuk menentukan pilihan agar memperkecil kemungkinan kehilangan nilai maksimal.  Algoritma ini diterapkan dalam permainan yang melibatkan dua pemain dan permainan yang menggunakan strategi atau logika dan berusaha untuk mengambil solusi terbaik dalam setiap giliran pengambilan keputusan dari AI tersebut.

                 Algoritma Minimax pada permainan Masha And The Bear Versus diterapkan pada AI yaitu bertujuan untuk dapat menentukan langkah apa yang sebaiknya diambil, agar langkah yang diambil bernilai maksimal yang bertujuan untuk membuat AI dapat memenangkan permainan dan menghalangi pemain memenangkan permainan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Boleh minta source code lengkapnya? Kalo boleh, tolong kirim ke febbyramadhania15@gmail.com

Posting Komentar

 
Copyright © #GEEZERS