MENGHARGAI ORANG LAIN

Menurut saya menghargai orang lain adalah suatu keharusan yang dapat digunakan jika ingin diterima dalam suatu kelompok, masyarakat atau pun yang lain. Sebab bila seseorang yang tidak memiliki sikap menghargai orang lain maka orang-orang disekitarnya pun enggan untuk berkomunikasi dengannya, bila ini sudah terjadi jangan harap anda bisa diterima dalam suatu lingkungan masyarakat.
            Ada banyak bentuk dari sikap menghargai orang lain, diantaranya adalah menghargai pemberian orang lain. Pernah suatu ketika saya diberikan sebuah jam tangan dari orang tua saya, namun saya kurang menyukai barang tersebut. Karena ini adalah barang pemberian tentunya saya terima-terima saja dan saya berfikir hanya akan menyimpan jam tersebut. Namun setelah itu saya berfikir bila saya adalah orang yang meberi jam tangan tersebut pastinya akan sangat sedih bila mana jam tangan tersebut tidak dipakai oleh penerimanya. Maka saya pun memutuskan untuk mengenakan jam tangan tersebut terlebih jika sedang berhadapan dengan orang tua saya yang telah memberikan jam tangan ini.
            Diantara bentuk dari sikap menghargai orang lain adalah menghargai pendapat orang lain. Sebagai contoh, suatu hari saya pernah berbincang-bincang dengan teman saya, lama kelamaan perbinangan ini merujuk pada perdebatan akibat perbedaan pendapat diantara kami, kami pun saling menyangkal satu sama lain. Ketika itu saya mengingat pesan guru saya yang berpesan bahwa ada saatnya kita harus diam, ada saatnya kita harus tersenyum dan ada saatnya kita harus saling menasehati, saling menasehatilah dengan penyampaian yang baik dan jangan sampai menimbulkan keributan. Seketika saya pun langsung mengakhiri perdebatan ini dan mengikuti pendapat teman saya.
            Masih banyak bentuk-bentuk dari sikap menghargai orang lain yang dapat ditemui disekitar kita, seperti menghargai karya teman kita, menghargai makanan yang telah dimasak oleh ibu kita. Dan juga mencium tangan kedua orang tua merupakan suatu pengaplikasian sikap menghargai terhadap orang tua. Jika kita telah menghargai orang tua maka kita pun telah menghargai Allah, karena dalam suatu hadits disebutkan bahwa keridhoan Allah itu bergantung pada keridhoan orang tua. Jika orang tua kita sudah ridho maka Allah pun akan ridho.
Maka dari itu sikap menghargai orang lain harus ditumbuhkan sejak dini, sebab inilah yang akan membantu kita dalam menjalani kehidupan. Berhentilah memiliki sifat egois dan mulailah menghargai orang lain. Hargailah orang lain jika engkau ingin dihargai oleh orang lain.
           

             

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © #GEEZERS