Pengantar Bisnis Informatika - KITA MENCAPAI TARGET

Menurut saya target adalah suatu proses dalam mencapai sesuatu yang diinginkan. Target bisa juga diartikan sebagai komitmen diri sendiri terhadap suatu hal. Target dapat tercapai jika ada kemauan yang keras dari diri sendiri untuk mencapai hal yang diinginkan.

Sebagai contoh jika seseorang ingin membeli handphone seharga Rp.3.000.000 maka setiap harinya ia harus menabung Rp.100.000 selama 1 bulan untuk dapat membeli handphone tersebut. Dari contoh ini dapat disimpulkan bahwa yang menjadi target bukanlah handphone-nya tetapi proses pengumpulan uang di setiap harinya.
Untuk mencapai target tidak hanya membutuhkan kemauan yang keras tetapi juga membutuhkan kedisiplinan. Contoh dari kedisiplinan disini adalah jika ada seseorang pegawai perusahaan yang menginginkan kenaikan jabatan, selain bersungguh-sungguh dalam melakukan pekerjaan ia juga harus memperhatikan kedisiplinannya di tempat kerja, seperti disiplin dalam waktu masuk kantor, disiplin dalam menyerahkan tugas dan lain sebagainya.
Faktor lain tercapainya sebuah target adalah dibutuhkannya perencanaan yang matang. Dengan melakukan perencanaan yang matang sebelum menjalankan target maka setiap elemen-elemen dari ketercapaian target tersebut dapat terpenuhi. Contohnya jika seseorang ingin mentargetkan membangun sebuah rumah, orang ini harus memiliki perencanaan, baik itu perencanaan keuangan maupun waktunya.
Faktor yang tidak kalah pentingnya dalam tercapainya sebuah target adalah dibutuhkannya komunikasi yang baik. Tentunya hal ini dapat terjadi jika target dijalani dengan beberapa orang atau kelompok. Setiap anggota kelompok harus saling berdiskusi satu sama lain mengenai hal-hal yang berhubungan dengan target tersebut. Hal ini diwajibkan karena tanpa adanya komunikasi yang baik tentu tidak akan sesuai dengan target.
Faktor lain yang mempengaruhi tercapainya sebuah target adalah kerja sama dalam sebuah tim atau kelompok. Setelah melakukan komunikasi dan merencanakan pencapaian target maka hal yang harus diperhatikan adalah kerja sama dalam sebuah tim atau kelompok yang baik. Kerja sama yang baik dapat menghasilkan hasil yang memuaskan dalam tercapainya sebuah target. Sebagai contohnya adalah sebuah perusahaan kecil ingin membuat sebuah aplikasi edukasi yang menarik. Untuk itu dibutuhkan kerja sama setiap divisi yang berhubungan dengan pembuatan aplikasi tersebut, seperti divisi perancangan,divisi animasi, divisi pembuatan program, dan lain sebagainya.
Jika suatu tim atau kelompok ingin mencapai sebuah target maka harus memperhatikan faktor-faktor yang telah disebutkan diatas, karena dengan mengikuti faktor-faktor tersebut setidaknya dapat meminimalisir kegagalan dalam mencapai sebuah target.

  Sudah sepatutnya seseorang atau pun kelompok harus memiliki target dalam hidupnya. Karena tanpa adanya sebuah target, kehidupannya akan terasa membosankan dan tidak memiliki arah tujuan. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © #GEEZERS